Rainbow Arch Over Clouds

Senin, 29 November 2010

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Didalam suatu perusahaan, outlet, outlet factory terdapat kegiatan pemasaran/bauran pemasaran yang disebut juga marketing mix. Marketing mix adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion (promosi)
• Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Jenis-jenis produk yaitu :
1. Barang industri
2. Barang konsumsi : - Convinien Goods
- Special Goods
- Shopping Goods
- Unsought Goods
- Convinien goods adalah barang yang sering dibeli, harganya tidak mahal dan keputusan membeli tidak memerlukan banyak pertimbangan atau berdasarkan kebiasaan saja
- Special goods adalah barang eksklusif, unik dan mahal yang hanyak bisa dimiliki segelintir orang saja namun dicari orang seberapa pun harganya dan tempat belinya seperti produk jam merek terkenal, jaguar, dsb.
- Shopping goods adalah barang yang untuk memutuskan membelinya butuh pertimbangan seperti dengan melakukan perbandingan dan pencarian informasi produk dari berbagai sumber.
- Unsought goods adalah barang yang belum diinginkan dan tidak diketahui oleh konsumen potensial.
• Price/harga merupakan unsur terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan satu-satunya unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan sedangkan unsur-unsur lainnya merupakan biaya saja.
• Place (tempat/distribusi)
Distribusi terbagi menjadi 3 yaitu : 1. distribusi intensif
2. distribusi ekstensif
3. distribusi eksklusif
• Promotion adalah pemberian informasi kepada konsumen agar tertarik dan mau membeli.
Ada beberapa cara dalam promosi yaitu :
- Publisitas
- Personal Selling
- Periklanan
- Promosi Penjualan



Disini saya akan memaparkan mengenai strategi pemasaran di Rumah Makan Ikan Bakar Pak Sarjono. Rumah Makan ini berdiri sejak tahun 1989. Pemiliknya bernama Pak Sarjono . Alasan beliau memilih ikan bakar sebagai usahanya karena kesukaan beliau terhadap ikan bakar sehingga mendorong Pak Sarjono untuk membuka Rumah Makan Ikan Bakar. Pada awalnya usaha beliau hanya mempunyai 4 orang karyawan. Berkat keuletan dan keluwesan beliau dalam menjalankan usahanya, rumah makannya pun kini sudah menjadi besar dan sudah memiliki cabang, karyawannya pun sekarang sudah lebih dari 10 orang.

Dalam menjalankan usahanya beliau memiliki strategi pemasaran yang cukup bagus. Untuk menarik konsumen beliau melakukan promosi dengan cara penyebaran brosur-brosur, pemberian informasi mengenai diskon, dan memberikan potongan harga pada waktu-waktu tertentu. Harga 1 porsi ikan bakar Pak Sarjono tidak mahal dan sangat terjangkau untuk kalangan anak-anak muda. Selain memperhatikan mengenai promosi dan harga Pak Sarjono juga memperhatikan bagaimana cara melayani konsumen agar konsumen puas dan tidak bosan untuk datang ke rumah makannya. Beliau selalu mengingatkan kepada karyawannya agar selalu ramah dalam melayani konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumennya. Kemudian Pak Sarjono juga memperhatikan masalah kualitas dan rasa ikan bakarnya .

Dari hasil wawancara saya dengan Pak Sarjono saya dapat menyimpulkan bahwa Marketing Mix adalah strategi yang paling penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Sarjono yang bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan informasi mengenai strategi pemasaran di Rumah Makannya.

Sumber : Rumah Makan Ikan Bakar, Bapak Sarjono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar