Rainbow Arch Over Clouds

Senin, 14 Oktober 2013

Kode Etik Profesi Akuntansi Internasional hal 54-56

Penerapan Kerangka Pendekatan Konseptual untuk Kebebasan

290.100        Paragraf 290,102-290,231 menggambarkan keadaan tertentu dan hubungan yang menciptakan atau dapat menimbulkan ancaman terhadap independensi. Paragraf itu menggambarkan potensi ancaman dan jenis perlindungan yang mungkin tepat untuk menghilangkan ancaman atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima dan mengidentifikasi situasi tertentu di mana ada perlindungan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Paragraf tidak menggambarkan semua keadaan dan hubungan yang menciptakan atau dapat menciptakan ancaman bagi kebebasan. Perusahaan dan para anggota tim audit harus mengevaluasi implikasi dari keadaan dan hubungan yang sama, tetapi berbeda, dan menentukan apakah pengamanan, termasuk pengamanan dalam paragraf 200,12-200,15, dapat diterapkan bila diperlukan untuk menghilangkan ancaman terhadap kebebasan atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima.

290.101     Paragraf 290,102-290,126 berisi referensi ke materialitas suatu kepentingan keuangan, pinjaman, atau jaminan, atau pentingnya bisnis hubungan. Untuk tujuan menentukan apakah bunga tersebut adalah material individu, nilai bersih gabungan individu dan anggota keluarga dekat individu dapat diperhitungkan.

Minat keuangan

290.102       Memegang kepentingan keuangan dalam suatu klien audit dapat membuat kepentingan ancaman . Keberadaan dan pentingnya ancaman dibuat tergantung pada :
( a) Peran orang memegang kepentingan finansial ,
( b ) Apakah kepentingan keuangan langsung atau tidak langsung , dan
( c) materialitas kepentingan keuangan .

290.103       Kepentingan keuangan dapat dilakukan melalui perantara ( misalnya, kendaraan investasi kolektif , real atau trust ) . Penentuan apakah kepentingan keuangan tersebut langsung atau tidak langsung akan tergantung pada apakah pemilik manfaat memiliki kontrol atas kendaraan investasi atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasinya. Ketika kontrol atas investasi kendaraan atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasi ada, Pedoman ini mendefinisikan bahwa kepentingan keuangan menjadi kepentingan keuangan secara langsung . Sebaliknya, ketika pemilik manfaat dari kepentingan keuangan tidak memiliki kontrol atas sarana investasi atau kemampuan untuk mempengaruhi keputusan investasi, pedoman ini mendefinisikan bahwa kepentingan keuangan menjadi kepentingan finansial langsung .

290.104        Jika seorang anggota tim audit, anggota langsung yang individu keluarga, atau perusahaan memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan tidak langsung kepentingan keuangan dalam klien audit, ancaman kepentingan pribadi yang dibuat akan signifikan sehingga tidak ada pengamanan dapat mengurangi ancaman ketingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, tidak satupun dari berikut ini harus memiliki kepentingan keuangan secara langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung di klien: anggota audit tim, anggota keluarga langsung yang individu, atau perusahaan.

290.105          Ketika seorang anggota tim audit memiliki anggota keluarga dekat yang anggota tim audit tahu memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan tidak langsung kepentingan keuangan dalam klien audit , ancaman kepentingan pribadi dibuat. Signifikansi ancaman akan tergantung pada faktor-faktor seperti :
·         Sifat dari hubungan antara anggota tim audit dan anggota keluarga dekat , dan
·         Bahan  kepentingan keuangan kepada anggota keluarga dekat .
Arti penting dari ancaman harus dievaluasi dan perlindungan diterapkan bila diperlukan untuk menghilangkan ancaman tersebut atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima .Contoh pengamanan tersebut meliputi :
·         Para anggota keluarga dekat membuang , sesegera mungkin , dari semua kepentingan keuangan atau membuang sebagian tidak langsung kepentingan keuangan sehingga sisa kepentingan bukan merupakan bahan lagi ;
·         Memiliki seorang akuntan profesional meninjau pekerjaan anggota tim audit ; atau
·         Menghapus individu dari tim audit .

290.106        Jika seorang anggota tim audit, anggota langsung yang individu keluarga, atau perusahaan memiliki kepentingan keuangan langsung atau materi dalam entitas yang memiliki kepentingan pengendalian dalam klien audit, dan klien material terhadap entitas, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan begitu signifikan bahwa tidak ada perlindungan dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, tidak ada satupun berikut ini yang harus memiliki sebuah kepentingan keuangan: anggota Tim audit, seorang anggota keluarga dekat yang individu, dan perusahaan.

290.107         Penyelenggaraan oleh program manfaat pensiun suatu perusahaan dari bahan langsung atau kepentingan keuangan langsung dalam klien audit menciptakan ancaman kepentingan pribadi. Signifikansi ancaman harus dievaluasi dan perlindungan diterapkan bila diperlukan untuk menghilangkan ancaman tersebut atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima.      

290.108        Jika mitra lain di kantor di mana praktek mitra keterlibatan dalam sehubungan dengan perikatan audit, atau anggota keluarga dekat mereka, memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien audit, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan begitu signifikan bahwa tidak ada pengamanan yang dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, tidak mitra tersebut maupun anggota keluarga langsung mereka akan memegang seperti kepentingan keuangan seperti klien audit.

290.109        Kantor di mana praktek mitra keterlibatan sehubungan dengan perikatan audit belum tentu kantor  pasangan yang ditugaskan. Oleh karena itu, bila pasangan keterlibatan terletak di kantor yang berbeda dari anggota lain dari tim audit, pertimbangan profesional harus digunakan untuk menentukan di mana kantor mitra praktik sehubungan dengan keterlibatan itu.

290.110        Jika mitra lainnya dan karyawan manajerial yang memberikan jasa non-audit kepada klien audit, kecuali mereka yang terlibat adalah minimal, atau mereka anggota keluarga dekat, memiliki kepentingan keuangan langsung atau bahan kepentingan keuangan langsung dalam klien audit, ancaman kepentingan pribadi yang diciptakan akan sangat penting bahwa ada perlindungan dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Dengan demikian, baik personil tersebut atau langsung mereka anggota keluarga wajib memiliki kepentingan keuangan seperti dalam audit tersebut client.

290.111        Meskipun paragraf 290,108 dan 290,110, penyelenggaraan kepentingan keuangan dalam suatu klien audit oleh anggota keluarga langsung dari:
(a)    Seorang mitra yang terletak di kantor di mana mitra keterlibatan praktik sehubungan dengan perikatan audit, atau
(b)   Pasangan atau manajerial karyawan yang menyediakan jasa non-audit kepada klien audit dianggap tidak membahayakan kemandirian jika kepentingan keuangan diterima sebagai hasil dari hak ketenagakerjaan pada anggota keluarga dekat yang (misalnya, melalui pensiun atau rencana opsi saham) dan, bila perlu, pengamanan diterapkan untuk menghilangkan ancaman terhadap kebebasan atau menguranginya ke tingkat yang dapat diterima.
Namun, ketika anggota keluarga langsung memiliki atau memperoleh hak untuk membuang kepentingan keuangan atau, dalam kasus opsi saham, hak untuk memanfaatkan opsi tersebut, kepentingan keuangan harus dibuang atau dibatalkan sebagai sesegera mungkin.

290.112       Ancaman kepentingan pribadi dapat dibuat jika perusahaan atau anggota audit tim, atau anggota keluarga dekat yang individu, memiliki keuangan kepentingan dalam suatu entitas dan klien audit juga memiliki kepentingan keuangan dalam entitas. Namun, independensi dianggap tidak dikompromikan jika ini kepentingan tidak material dan klien audit tidak bisa berlatih signifikan berpengaruh terhadap entitas. Jika kepentingan tersebut merupakan bahan untuk pihak manapun, dan klien audit dapat mempunyai pengaruh signifikan atas entitas lain, tidak ada pengamanan dapat mengurangi ancaman ke tingkat yang dapat diterima. Oleh karena itu, perusahaan tidak akan memiliki seperti kepentingan dan setiap individu dengan kepentingan seperti harus, sebelum menjadi anggota tim audit, baik:
(a)    Buang kepentingan, atau
(b)   Buang jumlah kepentingan yang cukup sehingga tersisa kepentingan yang bukan material lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar